BAHAN AJAR BERBASIS ICT
Oleh : M. Nuh (Menteri Pendidikan)
Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar melalui
Bidang Bina Program, terus bergeliat meningkatkan kemampuan guru dan
siswa menguasai teknologi informatika. Strategi ini digulirkan lewat
lomba bahan ajar dan kreativitas belajar siswa berbasis ICT. Lomba yang
digelar di UPT Rumah Rumah Pintar Denpasar dibuka, Kadisdikpora Kota
Denpasar, IGN Eddy Mulya, Rabu (17/10).
Ketua Panitia Lomba,Made Merta, dalam laporan yang dibacakan Kasi TI
Bina Program, Ketut Dirga, mengatakan, lomba ini sejalan dengan program
cyberschool. Diharapkan, melalui lomba ini dapat meningkatkan
kreativitas dan inovasi guru serta siswa dalam memperkaya media
pembelajaran dan menyemaratakan content yang ada pada situs cyberschool.
Lomba bahan ajar dan kreativitas belajar siswa berbasis ICT diikuti
guru dan siswa SMP, SMA dan SMK se-Kota Denpasar. Lomba kreativitas
belajar siswa berbasis ICT digelar hingga Sabtu (20/10).
Ditambahkan, lomba kreativitas belajar siswa berbasis ICT ini
bermanfaat ganda bagi siswa. Pertama, bertujuan untuk memotivasi siswa
untuk memanfaatkan piranti keras dan piranti lunak teknologi informasi
dan komunikasi dalam mengembangkan potensi belajar. Manfaat kedua,
melalui lomba ini sekaligus memotivasi siswa untuk menggunakan piranti
keras dan piranti lunak ICT dalam mengembangkan kreativitas belajar.
Selebihnya membentuk kultur pembelajaran yang terpusat pada siswa
(student centered) yang kreatif dan inovatif bagi siswa.
Sedangkan lomba bahan ajar yang diikuti oleh para guru, diharapkan
memotivasi warga sekolah (terutama guru) mengembangkan bahan ajar/media
pembelajaran berbasis ICT, sekaligus sebagai penunjang proses
pembelajaran. Lebih dari itu, terbentuknya kultur pembelajaran yang
kreatif dan inovatif bagi seluruh warga sekolah melalui bahan ajar/media
pembelajaran berbasis ICT. Muaranya, dapat berkontribusi untuk
meningkatkan mutu proses dan pembelajaran/pendidikan.
Kepala Disdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya memberi apresiasi
positif diselenggarakannya lomba ini. Dikatakan, lomba bahan ajar
berbasis ICT mampu mendorong dan menumbuh-kembangkan kreativitas guru di
bidang perancangan (desain), pengembangan (development), pemanfaatan
(utilization), pengelolaan (managemen) dan penilaian (evaluation)
multimedia pembelajaran. Sedangkan lomba kreativitas belajar siswa
berbasisi ICT dapat merubah paradigma dalam proses pembelajaran yang
tadinya berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang
berpusat pada siswa (student centered).(Gst)
0 komentar:
Posting Komentar