Twitter

Rabu, 12 Desember 2012

CV. ARIF SANJAYA

BAHAN AJAR BERBASIS ICT 
Oleh : M. Nuh (Menteri Pendidikan)
 
 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar melalui Bidang Bina Program, terus bergeliat meningkatkan kemampuan guru dan siswa menguasai teknologi informatika. Strategi ini digulirkan lewat lomba bahan ajar dan kreativitas belajar siswa berbasis ICT. Lomba yang digelar di UPT Rumah Rumah Pintar Denpasar dibuka, Kadisdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya, Rabu (17/10).
Ketua Panitia Lomba,Made Merta, dalam laporan yang dibacakan Kasi TI Bina Program, Ketut Dirga, mengatakan, lomba ini sejalan dengan program cyberschool. Diharapkan, melalui lomba ini dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi guru serta siswa dalam memperkaya media pembelajaran dan menyemaratakan content yang ada pada situs cyberschool.
Lomba bahan ajar dan kreativitas belajar siswa berbasis ICT diikuti guru dan siswa SMP, SMA dan SMK se-Kota Denpasar. Lomba kreativitas belajar siswa berbasis ICT digelar hingga Sabtu (20/10).
Ditambahkan, lomba kreativitas belajar siswa berbasis ICT ini bermanfaat ganda bagi siswa. Pertama, bertujuan untuk memotivasi siswa untuk memanfaatkan piranti keras dan piranti lunak teknologi informasi dan komunikasi dalam mengembangkan potensi belajar. Manfaat kedua, melalui lomba ini sekaligus memotivasi siswa untuk menggunakan piranti keras dan piranti lunak ICT dalam mengembangkan kreativitas belajar. Selebihnya membentuk kultur pembelajaran yang terpusat pada siswa (student centered) yang kreatif dan inovatif bagi siswa.
Sedangkan lomba bahan ajar yang diikuti oleh para guru, diharapkan memotivasi warga sekolah (terutama guru) mengembangkan bahan ajar/media pembelajaran berbasis ICT, sekaligus sebagai penunjang proses pembelajaran. Lebih dari itu, terbentuknya kultur pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi seluruh warga sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis ICT. Muaranya, dapat berkontribusi untuk meningkatkan mutu proses dan pembelajaran/pendidikan.
Kepala Disdikpora Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya memberi apresiasi positif diselenggarakannya lomba ini. Dikatakan, lomba bahan ajar berbasis ICT mampu mendorong dan menumbuh-kembangkan kreativitas guru di bidang perancangan (desain), pengembangan (development), pemanfaatan (utilization), pengelolaan (managemen) dan penilaian (evaluation) multimedia pembelajaran. Sedangkan lomba kreativitas belajar siswa berbasisi ICT dapat merubah paradigma dalam proses pembelajaran yang tadinya berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered).(Gst)

0 komentar:

Posting Komentar

 
eXTReMe Tracker
Design by Haris Sanjaya | Didukung Oleh CV. Mutiara Online - RPP Berkarakter | Medan Website
×
Bibit Kecambah Sawit